oleh

Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense

Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense_Google AdSense merupakan sebuah program milik google inc yang bergerak pada bidang kerjasama dan periklanan melalui media internet. Para pemilik situs baik berupa web atau blog yang telah terdaftar dan diterima menjadi anggota karena telah memenuhi syarat yang diajukan pihak Google AdSense diperbolehkan untuk memasang seperangkat iklan dengan bentuk yang telah ditentukan.

Ada beberapa kriteria atau syarat pemilik situs yang diterima sebagai anggota Google AdSense. Biasanya syarat tersebut merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi misalnya ketentuan tertentu, kelayakan website atau blog, aktivitas blog atau website yang dilihat dari traffic/pengunjung, serta kepatuhan pemilik website atau blog terhadap ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pihak Google AdSense juga biasanya telah melakukan filtrasi secara otomatis terkait persyaratan dari material iklan yang akan dipublikasikan di halaman web atau halaman blog anggotanya. Antara lain misalnya iklan tidak megandung SARA, iklan tidak mengandung konten pornografi, iklan tidak mengandung konten dewasa apabila blog atau website khusus untuk pengunjung di bawah umur.

Siapa saja bisa mengakses dan mendaftarkan diri menjadi bagian dari anggota Google AdSense. Yang perlu dilakukan hanyalah bagaimana membuat blog, website, youtube maupun situs lainnya yang terkoneksi dengan google AdSense menjadi lebih menarik dan menghasilkan banyak visitors. Karena semakin banyak visitors pada suatu situs maka semakin banyak peluang mendapatkan iklan.

Metode yang disediakan Google AdSense untuk menghasilkan uang bagi pemilik situs
1. Pay Per Clik (PPC) atau bayar per klik
Pemilik website, blog, maupun akun youtube akan mendapat pemasukan atau income dari pihak google AdSense berupa pembagian hasil atau keuntungan yang diperoleh per setiap iklan yang di klik oleh pengunjung situs tersebut. Sistem pembagian hasil ini dinamakan Pay Per Clik. Jumlah penghasilan dari bagi hasil tersebut juga tergantung dari jenis iklan yang dipilih oleh pelanggan yang memasang iklan

Google AdSense menyediakan pilihan ketika ada seseorang yang ingin memasang jasa iklan. Mereka yang mau membayar lebih otomatis akan diberikan keistimewaan berupa iklan yang dipasang diprioritaskan dengan cara iklan tersebut diletakkan pada posisi terdepan atau teratas. Porsi iklan juga lebih luas pada halaman situs yang diinginkan pelanggan pengguna jasa Google AdSense.

2. AdSense For Search atau AdSense untuk pencarian
Selain menyediakan iklan dengan sistem Pay Per Clik, Google AdSense juga menyediakan AdSense For Search dimana sistem ini bekerja dengan cara pemilik situs website dapat memasangkan kolom atau kotak pencarian pada halaman websitenya. Pemilik website akan mendapat income dari Google AdSense melalui aktivitas pencarian yang dilakukan oleh pengunjung melalui kolom pencarian tersebut.

Setelah pengunjung melakukan pencarian dengan keywoard tertentu menggunakan kolom atau kotak pencarian yang disediakan Google AdSense pada halaman website tadinya. Maka pengunjung akan diarahkan pada link atau situs iklan yang disertakan pada pencarian tersebut. Apabila pengunjung melakukan beberapa transaksi baik berupa mengunjungi web iklan tersebut, maka income bisa dibagikan

3. Referral atau iklan arahan
Sistem penyedia layanan Referral sama halnya dengan sistem AdSense for Search. Hanya saja pemilik website atau blog tidak akan membuat semacam kolom pencarian namun lebih menyarankan pengunjung untuk mengklik tautan berupa iklan yang mengarah ke situs pemilik iklan produk maupun jasa tersebut. Sistem ini biasanya membutuhkan konten web atau blog yang sangat menarik.

Pemilik blog atau website akan mendapat income dari Google AdSense berupa pembagian hasil apabila setelah pengunjung melakukan proses klik pada tautan iklan kemudian berlanjut dengan tindakan tertentu yang disepakati antara pihak Google AdSense dengan pelanggan pemasang iklan. Misalnya tindakan atau aktivitas tersebut seperti pencarian lebih lanjut, bahkan sampai ke kesepakatan pembelian

Langkah-langkah menghasilkan uang menggunakan Google AdSense bagi para pemula
Bagi para pemula yang ingin mencoba peruntungan menggunakan Google AdSense sebenarnya cukup mudah. karena Google AdSense sendiri bisa di akses oleh siapa saja tanpa ketentuan atau syarat yang cukup memberatkan. Hanya saja ada beberapa langkah-langkah yang harus dilalui terlebih dahulu untuk menguji kelayakan website atau blog yang diberikan akses layanan Google AdSense.

1. Buat akun email menggunakan gmail
Karena Google AdSense merupakan program periklanan milik google maka perlu sekali membuat akun gmail yang sudah terkoneksi satu sama lain dengan program google lainnya untuk memudahkan user. Cara membuat gmail sangat mudah, sama saja dengan cara membuat akun pada sosial media atau email seperti biasanya. Gmail berfungsi sebagai syarat pendaftaran dan pemberitahuan lainnya.

2. Membuat blog atau website
Sebenarnya membuat blog merupakan langkah yang cukup mudah. Membuat blog sama saja dengan membuat akun sosial media pada umumnya juga dengan menggunakan email dari alamat gmail yang dibuat sebelumnya. Jika menggunakan blogspot, maka Anda akan diarahkan langsung dalam pembuatan blog karena blogspot sendiri merupakan situs blog di bawah naungan dan telah diakuisisi oleh Google.

Membuat blog juga tidak dikenakan biaya serta tampilan, lay out dan dashboard sangat friendly. Berbeda dengan membuat website. Karena tampilan website lebih profesional maka dalam membuat website biasanya dikenakan biaya tergantung jenis website yang akan dibuat. Selain itu, editing dan dashboard pada website lebih rumit. Kelebihan website terletak pada fitur iklan yang lebih lengkap dari blogspot.

Setelah membuat situs atau website selanjutnya adalah dengan mengisi website dan situs tersebut dengan konten yang bermanfaat danmenarik. Karena semakin banyak pengunjung yang masuk ke halaman website atau blog Anda maka semakin besar kesempatan situs Anda diterima oleh Google AdSense. Hal ini memang membutuhkan ketekunan dan kekeartifan dalam mengelola blog.

3. Membuat channel youtube (tambahan)
Jika Anda lebih memiliki bakat lebih dalam bidang video daripada tulis menulis, maka disarankan untuk membuat channel youtube yang menarik dengan konten yang bermanfaat. Youtube merupakan salah satu situs yang telah di akusisi oleh Google. Oleh karenanya secara otomatis youtube juga menyediakan periklanan Google AdSense. Channel yang menarik bisa mendaftarkan diri menjadi bagan dari AdSense.

4. Mendaftarakan blog Google AdSense
Bergabung dengan Google AdSense sama sekali tidak membutuhkan biaya alias gratis. Hanya saja diperlukan kesabaran agar situs bisa diterima dengan berbagai pertimbangan yang ditentukan oleh pihak Google AdSense. Langkah-langkah bergabung dengan Google AdSense bisa dilihat di situs resmi Google AdSense karena disana juga sudah disediakan petunjuk, tata cara dan panduan yang lengkap.

Jika situs yang didaftarkan tadinya dianggap layak dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Google AdSense maka nantinya ada pemberitahuan melalui email yang dibuat sebelumnya dan digunakan untuk mendaftar menjadi anggota Gooogle AdSense. Selanjutnya pemilik situs hanya perlu menarik perhatian dan meningkatkan traffic untuk mendapat income yang lebih banyak.

Demikian tentang Cara Awal Mendapatkan Uang dari Google. Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *