oleh

Tips Trik Berjualan di Whatsapp Agar Banjir Order

Cara Berjualan di Whatsapp/WA Agar Banjir Orderan_Siapa bilang whatsapp hanya media sosial yang bisa digunakan untuk chat dan menelepon saja. WA dapat menghasilkan pundi-pundi uang jika penggunanya bisa memanfaatkan peluang dari fitur yang disediakan oleh whatsapp untuk beriklan atau promosi jasa maupun produk. Whatsapp merupakan salah satu jejaring sosial yang dikhususkan untuk melakukan kegiatan kirim mengirim pesan, menelepon, dan menelepon secara face to face atau disebut video call. Whatsapp bersifat lebih private dan tertutup karena whatsapp menggunakan nomor telephone pengguna sebagai syarat pendaftaran atau pengganti ID yang digunakan sebagai alamat tukar menukar kontak whatsapp.

Cara Jualan di Whatsapp agar Banjir Order
Cara Jualan di Whatsapp agar Banjir Order

Hal tersebut menjadikan nomor whatsapp pengguna tidak bisa di akses oleh sembarang orang karena biasanya nomor dari provider yang digunakan mendaftar bersifat variatif dan tidak bisa dilacak otomatis oleh sistem whatsapp.

Selain itu, whatsaap juga menyediakan fitur broadcast yang berguna untuk mengirim pesan secara bersamaan kepada banyak penerima dalam satu tempo waktu.

Status yang hanya bisa dilihat oleh kontak yang sudah setting oleh pemilik, kolom update waktu yang digunakan untuk melihat aktivitas pengguna dan mengetahui kapan aktivitas terakhir pengguna, fitur GPS untuk melacak lokasi nomor, fitur delete message yang digunakan apabila pengguna salah mengirim pesan, fitur pengelompokan gambar, dan masih banyak lagi fitur menarik yang ada pada whatsapp.

Whatsapp tidak menyediakan timeline seperti sosial media lainnya yaitu facebook, LINE, atau instagram yang menggunakan variasi huruf dan angka dan biasanya terdiri dari nama pengguna sebagai ID yang digunakan untuk saling tukar menukar kontak.

Facebook dan instagram juga dilengkapi dengan fitur pengguna yang mungkin dikenal berdasarkan kesamaan followers, following, likers, dan lainnya.

Dari sekian banyak fitur yang disediakan oleh whatsapp tentunya semuanya tidak hanya berperan sebagai penunjang kenyamanna dan keamanan aktivitas menggunakan whatsapp akan tetapi fitur tersebut bisa digunakan sebagai fitur yang mendukung aktivitas bisnis salah satunya adalah jual beli online.

Memang tidak banyak yang menggunakan whatsapp sebagai sosial media jual beli online. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika seorang bisa sukse melakukan jual beli online dengan hanya menggunakan whatsapp bahkan menggunakan whatsaap dalam transaksi jual beli online dirasa jauh lebih aman karena dapat memperkecil risiko penipuan, kecurangan berupa pencurian ide dari barang atau jasa yang hendak dijual, dan sebagainya yang dikarenakan sifat whatsapp yang lebih private tadi.

Ketahui langkah-langkah berjualan online dengan memanfaatkan fitur whatsapp:

1. Menambah banyak kontak
Banyak kontak akan berpengaruh pada luasnya area pemasaran. Seorang wirausahawan yang hendak memulai bisnis sebaiknya mengumpulkan nomor kontak whatsapp mulai dari keluarga, kerabat, teman kerja bagi yang sudah bekerja, tetangga, bahkan bisa juga meminta nomor kontak teman lama seperti alumni sekolah dahulu. Begitu seterusnya sampai area pemasaran semakin luas karena banyak kontak.

Fitur menambahkan kontak pada whatsapp tidak terbatas. Artinya seberapa banyakpun nomor whatsapp teman, keluarga, kerabat yang Anda simpan maka otomatis sudah menjadi teman kontak whatsapp Anda. Fitur ini berlaku untuk semua provider dan merk handphone tergantung kapasitas storage. Karena sebelum nomor kontak terdeteksi pada whatsapp terlebih dahulu memasukkan nomor secara manual.

2. Memanfaatkan fitur broadcasting
Broadcast merupakan fitur yang dimiliki whatsapp dimana pengguna bisa mengirimkan pesan yang sama kepada lebih dari satu kontak yang sudah ditambahkan sebagai kontak whatsapp secara bersamaan pada tempo satu tempo waktu.

Fitur ini sangat mengoptimalkan serta memudahkan kegiatan promosi dan penjualan dari barang maupun jasa yang akan dijual ketika hendak berjualan online.

Tapi perlu diingat bahwa jangan terlalu sering menggunakan broadcast sebagai media promosi atau penjualan. Karena biasanya pesan kita sering kali diabaikan bahkan nomor bisa sampai di blokir.

Jangan gunakan secara berkala dan diberikan jeda waktu beberapa hari, dua kali minggu, atau kirimkan pesan broadcast ketika ada promosi dan barang baru. Hal tersebut agar orang yang dikirimi pesan tidak bosan.

3. Membuat group atau bergabung dengan banyak group
Setelah Anda memiliki banyak kontak dari keluarga, kerabat, sahabat, teman lama, teman kantor, teman dari alumni sekolah dan sebagainya, Anda bisa dengan mudah membuat sebuah group chat dengan fitur group chat yang disediakan whatsapp.

Apabila Anda telah membuat grup chat maka semakin mudah Anda mempromosikan barang atau jasa pada halaman chat group tanpa memakai fitur broadcast.

Adanya fitur whatsaap berupa group chat juga sering dimanfaatkan oleh beberapa komunitas dan organisasi untuk membuat group chat.

Anda bisa meminta seseorang yang sudah bergabung terlebih dahulu dengan group chat suatu komunitas tertentu yang memiliki banyak anggota.

Kemudian Anda bisa memanfaatkan untuk melakukan aktivitas promosi dan berjualan pada group tersebut.

Tetapi perlu diingat pula bahwa Anda juga harus aktif dalam komunikasi mengenai pembahasan menyangkut group tersebut kemudian anda bisa sesekali mempromosikan barang dan jasa Anda.

Perlu diingat juga untuk jangan terlalu sering mengalihkan topik dengan cara menawarkan barang dan jasa kepada anggota group karena dapat mengganggu kenyamanan komunikasi antar anggota group.

4. Memanfaatkan fitur status
Whatsapp memiliki fitur baru yaitu dapat memposting status berupa snapchat. Status bisa dilihat baik oleh kontak pengguna saja maupun publik, tergantung bagaimana pengguna menyetting privasi akun whatsapp miliknya.

Fitur status bisa dimanfaatkan untuk meposting gambar-gambar dari produk ataupun jasa yang akan ditawarkan. Nantinya kontak Anda akan melihat postingan pada status Anda.

Pastikan juga posting foto tersebut menarik serta deskripsi produk singkat, padat, dan jelas untuk menarik perhatian orang yang melihat postingan Anda dan juga dikarenakan timer status yang berdurasi maksimal 30 detik saja.

Untuk mendapatkan banyak viewers pada status yang berisi iklan produk atau jasa, pastikan sebelumnya Anda memiliki banyak kontak. Semakin banyak kontak semakin luas peluang.

5. Memanfaatkan fitur link in
Whatsapp dibekali dengan fitur link in dimana pengguna bisa terhubung dan menghubungkan akun whastapp dengan fitur chating ke website, halaman sosial media lainnya, atau ke email.

Hal tersebut akan memudahkan pengguna dalam memasarkan produk yang apabila deskripsi lengkapnya berada di website atau situs lainnya atau berada di sosial media lainnya seperti instagram dan facebook.

6. Chat one by one
Cara ini memang terkesan agak rumit karena harus mempromosikan produk atau jasa kepada orang dengan cara mengontak satu persatu.

Akan tetapi justru cara ini lebih efektif karena seseorang yang dikontak secara langsung daripada menggunakan broadcast atau periklanan menggunakan status akan lebih lebih merespon dan bahkan Anda bisa menawarkan produk atau jasa secara lebih intim.

Whatsapp memang tidak menawarkan program atau tool dengan dukungan periklanan seperti pada facebook, instagram dan lainnya. Namun cara dan trik di atas cukup ampuh dalam memasarkan produk dan jasa. Terbukti dari banyaknya para pengusaha sukses bahkan brand internasional seperti brand absolut vodka di Argentina.

Demikian tentang Cara Menggunakan WA sebagai Media Promosi Produk atau Jasa. Semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *