oleh

Cara Ampuh Jualan Online di Instagram Agar Laris Manis

Cara Berjualan Produk atau Jasa di Instagram untuk Pemula_Instagram menjadi salah satu sosial media yang cukup memengaruhi kehidupan sosial masyarakat termasuk masyarakat Indonesia. Instagram menjadi sangat populer karena fitur yang menarik dan cukup lengkap serta pemakaian yang praktis. Akun instagram banyak dimanfaatkan terutama oleh para sosialita dalam membagi kegiatan yang dilakukan sehari-hari kepada publik. Hal tersebut justru dianggap negatif.

Padahal ada banyak cara lain untuk memanfaatkan instagram selain untuk memamerkan diri semata. Salah satunya adalah sebagai wadah untuk berjualan online. Tidak dipungkiir memang sangat banyak online shop yang mengandalkan instagram untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Bahkan instagram menjadi sosial media yang paling banyak digunakan untuk berjualan online.

Terpilihnya instagram sebagai alternatif media bisnis bukan tanpa alasan. Instagram memiliki banyak keunggulan dan fitur yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis online dalam melancarkan usahanya. Salah satu fitur instagram yang berperan penting dalam terwujudnya penjualan berbasis online adalah adanya program atau dukungan iklan yang disediakan oleh instagram sendiri.

Iklan tersebut akan muncul pada setiap time line atau beranda para pengguna Instagram. Hanya dengan membayar biaya dan menyetujui ketentuan yang diberlakukan pihak Instagram, iklan produk atau jasa sudah terpampang di setiap time line dari jutaan pengguna Instagram hal tersebut akan memperluas area pasar dan meningkatkan peluang usaha. Apalagi instagram menjadi sosial media yang cukup terpercaya.

Fitur layanan iklan tersebut didukung pula oleh jutaan pengguna instagram aktif yang menjadi tujuan pemasaran. Tidak hanya itu, ada beberapa fitur lain misalnya keterangan lokasi ketika memposting foto dan video yang terkoneksi dengan google maps sehingga pelanggan akan mengetahui lokasi penjual atau penyedia jasa. Terlebih lagi bagi pengiklan mengiklankan daerah wisata.

Masih banyak lagi fitur-fitur instagram yang bisa digunakan dalam mempromosikan penjualan yang mendukung bisnis seperti fitur live streaming apabila Anda ingin mepromosikan produk secara live, fitu hastag untuk memudahkan pada pengguna instagram dalam mencari barang dan jasa yang anda iklankan, kemudian ada fitur spesifikasi akun seperti misalnya menyeting akun ke mode business profile.

Cara Promosi-Jualan Online di Instagram
Cara Promosi-Jualan Online di Instagram

Langkah awal berjualan online via instagram bagi pebisnis pemula
1. Membuat akun khusus untuk online shop
Akun online shop bisa diberi nama dengan nama yang unik dan mengandung kata online shop atau shop agar pengguna instagram memahami bahwa akun tersebut memang merupakan akun khusus penyedia barang dan jasa secara online. Kemudian akun bisa disetting sedemikian rupa misalnya mengaktifkan business profile untuk mendukung fitur-fitur lain yang sekiranya ada di mode tersebut.

2. Memperbanyak followers
Memperbanyak follower bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling instan adalah dengan cara membeli followers kepada para penyedia jasa followers. Namun kekurangan dari metode ini adalah follower sering kali merupakan akun settingan yang hanya digunakan untuk memenuhi followers saja. Namun cara ini cukup ampun untuk memancing akun lain untuk mengikuti akun oline shop tersebut.

Cara lain yakni dengan follow for follow, yaitu metode dimana pemilik online shop akan mengikuti akun lain dengan syarat akun yang diikuti juga harus mengikuti balik atau istilahnya follow back. Akan tetapi, pemilik online shop harus rutin menerapkan cara ini hingga angka follower mencapai angka yang dibutuhkan untuk memulai usaha penjualan online. Minimal ketika followers sudah mencapai ribuan.

Cara yang terakhir yaitu dengan meminta bantuan teman, kerabat, rekan, ataupun keluarga sebagai followers yang dapat memancing akun lain untuk memfollow online shop Anda. Rekan atau keluarga juga bisa dimintai bantuan untuk mempromosikan akun Anda kepada teman atau keluarga mereka yang lain. Begitu seterusnyanya hingga followers Anda bertambah sampai angka yang cukup tinggi.

3. Menentukan jenis usaha
Menentukan jenis usaha dirasa cukup mudah, bahkan Anda bisa membuka usaha yang beragam antara penjualan produk yang bervariasi sampai menyediakan jasa dalam satu akun sehingga akun online shop Anda akan lebih lengkap yang akan menarik perhatian pelanggan. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan modal karena khawatir produk tidak laku, maka Anda bisa bergabung dengan dropshipper.

Droppshipper merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang berjualan produk pada online shop namun bukan barang mereka atau penjual tidak melakukan stok barang. Artinya dropshipper menjualkan barang milik orang lain dan keuntungan yang diperoleh dropshipper berasal dari selisih harga yang diberikan pemilik barang degan harga yang dijual oleh dropshipper.

Dropshipper hanya seorang pihak kedua yang membantu pelanggan dalam memesankan dan mencarikan barang sesuai pesanan pelanggan. Proses pengirimanpun dilakukan oleh pemilik barang. Metode ini kian populer karena pemilik online shop yang berperan sebagai dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal dan tidak perlu khawatir bila suatu saat ada barang yang tidak laku terjual.

Keuntungan lain dari dropshipper adalah rata-rata dropshiper menjual produk dengan harga yang tidak terlalu jauh dari harga yang diberikan oleh pemilik barang. Sehingga rata-rata pelaku bisnis online shop yang menggunakan metode dropshipper menjual barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan pelaku bisnis metode stock barang. Tentunya barang yang murah dengan kualitas sama akan lebih laku.

4. Mengupload foto dari jenis usaha
Mengupload berbagai foto dari produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada follower akan meningkatkan penjualan karena follower akan merasa bahwa online shop Anda menyediakan banyak pilihan. Selain itu, proses pengunggahan foto juga harus dilakukan dengan rutin dan berbeda setiap harinya. Intinya Anda harus terus mengupgrade barang dagangan supaya follower tidak bosan.

5. Mengadakan give away dan memberi diskon
Give away atau memberikan hadiah berupa produk yang Anda jual kepada para follower merupakan cara paling efektif dalam meningkatkan jumlah follower dan meningkatkan penjualan. Biasanya followers yang ingin mengikuti give away akan menjalani segala ketentuan yang Anda tetapkan sebagai prasyarat untuk bisa mengikuti give away, misalnya peserta harus menyarankan teman untuk memfollow akun Anda.

Give away biasanya diadakan ketika para penguasaha bisnis online shop melakukan kegiatan penjualan untuk pertama kalinya dan bisa juga untuk lebih meingkatkan penjualan. Bonus, give away, dan diskon juga akan memberikan kesan bahwa online shop Anda merupakan online shop yang cukup dermawan sehingga para pembeli atau pelanggan Anda akan menyarankan teman lainnya untuk belanja pada Anda

6. Harga dan kualitas yang bersaing
Tentunya pemilik online shop harus terus memantau harga dari online shop sebelah. Anda bisa menurunkan harga sedikit lebih rendah dan menjual produk yang lebih berkualitas daripada online shop yang lain. Online shop Anda juga harus menyesuaikan dengan kualitas barang yang dijual. Selain itu pemilik online shop harus tahu terlebih dahulu kualitas barang sebelum diserahkan kepada pembeli.

Untuk mencegah persaingan berupa saling menjelekkan antara online shop yang satu dengan online shop yang lain sehingga menyebabkan kerugian antara sesama pedagang online apalagi bagi Anda yang baru mulai merintis usaha bisnis online, maka sebaiknya jangan terlalu menyudutkan nama onlineshop pada captiop promosi Anda. Misalnya menyebutkan nama dan kekurangan online shop lain.

Demikian Tips Jualan Online lewat Instagram agar Laris Manis. Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *